Rabu, 21 Maret 2012

Red Factor Canary



Red Factor Canary atau saya sebut kenari merah pertama dikembangkan oleh Dr Hans Duncker (Jerman) pada 1930-an dengan menyilangkan siskin merah (jantan) dengan kenari kuning (betina). Beberapa orang mengatakan leluhur dari kenari kuning yang digunakan Hans adalah Roller Jerman, sementara yang lainnya menyakini sebagai kanari Border.

Red Factor Canary merupakan salah satu jenis kenari yang sangat populer. Burungnya sangat aktif dan bergairah. Burung ini relatif mudah dipelihara namun perlu usaha yang lumayan keras untuk menernakkannya sehingga menghasilkan keturunan yang bagus. Di Indonesia sudah banyak yang berhasil menangkarkan kenari merah ini.

Red Factor Canary termasuk “color canary” dan sebenarnya juga merupakan Color Bred Canary tetapi memiliki “red factor” sebagai bagian dari struktur genetiknya.

Yorshire Canary


Yorkshire Canary dikembangkan sebagai “type canary” dan merupakan hasil persilangan burung kenari lancashire dan burung kenari belgia. Bentuk Yorkshire terkadang digambarkan seperti wortel yang terbalik. Burung ini selalu berdiri tegak, dengan kaki panjang. Burung yang oleh orang Eropa sering disebut “The Guardsman” atau “Gentleman of the Fancy” ini memiliki panjang kira-kira 16 cm.

Kenari Yorkshire memiliki panjang terbesar dari semua varietas kenari tersedia saat ini. Panjang target adalah 6.75 inci dan kenari ini telah dibiakkan untuk memiliki dada besar dan bahu, pinggang sempit, dan sikap kaku tegak.

Lizard Canary
Lizard Canary (Kenari Kadal) adalah salah satu jenis tertua dari kenari yang telah memiliki sejarah lama. Termasuk “type canary”, Lizard hampir punah pada awal 1900-an. Akibat adanya dua perang dunia dan wabah penyakit, populasi Lizard Canary berkurang hingga hanya menjadi beberapa pasang ketika mulai dikembangkan lagi pada pertengahan 1940-an. Berkat Lizard Canary Association di Inggris Raya, hari ini kenari Lizard bisa berkembang lagi dengan subur dan merupakan salah satu burung kenari..

Lizard Canary (kenari kadal) yang panjangnya sekitar 14 cm ini sangat identik dengan warna bulunya yang menyerupai sisik kadal. Bulu lizard didominasi warna kuning dan warna putih.Lizard Canary dikembangkan di Prancis pada 1700-an. Pada 1945, asosiasi penggemar Lizard dibentuk di Inggris dengan tujuan mengembangbiakkan lagi burung ini dan hari ini Lizard Canary merupakan salah satu jenis burung kenari yang cukup populer.

Kenari ini diberi nama Lizard untuk tanda-tanda yang indah - bulan sabit berbentuk noda hitam mengalir di punggung dan dada, yang menyerupai sisik kadal. Efek visual ini dikenal sebagai "spangling".

Kenari Lizard terdiri dalam 4 warna:

Kadal Emas
Kadal Perak
Kadal biru
Kadal Merah

Kenari Lizard ada yang memiliki warna berbeda diatas kepala seperti topi/cap ada yang tidak memiliki topi/non cap . Pada kenari Lizard jenis “cap” memiliki pola bulu melingkar tunggal di atas kepala, yang idealnya harus oval dengan tepi yang jelas, tetapi ada beberapa berbentuk lingkaran yang tidak teratur.

Fife Fancy Canary


Fife Fancy Canary ini dikembangkan pada 1950-an oleh penangkar Skotlandia dan penangkar lain di kawasan yang disebut Fife. Burung fife fancy sebenarnya merupakan burung border tetapi ukuran badannya lebih kecil.

Fife Fancy Canary merupakan “type canary”, diternakkan dengan tujuan khusus untuk mendapatkan karakteristik fisik tertentu, daripada untuk menghasilkan warna atau suara nyanyiannya. Disebut demikian karena bentuk secara keseluruhan praktis sama, kecuali perbedaan ukurannya. Ukuran burung ini harus tidak lebih dan 11 cm. Burung ini sangat mudah diternakkan dan dapat memberikan variasi bulu yang sangat luas.

Crested Canary

Kenari Crest atau Crested Canary termasuk “canary type”, jenis kenari ini tergolong cukup tua, sudah ada sekitar tahun 1950-an. Mula-mula di kenal dengan nama Turn crown dan pada permulaan abad ini dikenal sebagai King of the fancy (Raja Fantasi). Mahkota burung.ini haruslah besar dan mengembang dari tengah-tengah kepala dan mengembang ke depan sampai ke paruhnya hampir sejajar dengan matanya, sehingga hampir menutupi matanya. Mahkota ini juga mengembang ke arah belakang kepala.

Mahkota Crested Canary yang baik harus memiliki bentuk yang baik, luas dan tebal dengan bulu-bulu yang lebat dan lembut. Kenari mahkota adalah burung yang besar dan harus memiliki kepala yang besar, leher yang besar pendek dan badan bidang, sama seperti kenari norwich. Jenis crest ada yang mempunyai mahkota, tetapi ada pula yang memiliki kepala yang polos tanpa mahkota.

Jenis lain yang populer sebagai “type canary” crested (bermahkota atau berjumbai) jadalah Gloster Canary, Crested Stafford Canary, Crested Norwich Canary, dan Crested Lancashire Canary.



Color Bred Canary

Color Bred Canary adalah salah satu jenis kenari yang paling populer dari semua burung kenari. Burung ini dipelihara orang di hampir seluruh pelosok dunia. Color Bred Canary adalah burung kenari yang memiliki postur tubuh kecil dan indah bagi mereka yang mengutamakan burung dengan penampilan warna yang khusus. Color Bred Canary tidak hanya cantik, tetapi juga aktif dan sangat menghibur. Burung yang menyenangkan ini cukup mudah dipelihara namun relatif tidak mudah untuk berkembang biak, sehingga memerlukan perhatian khusus jika kita ingin menangkar kenari warna agar tetap menghasilkan keturunan kenari yang juga berwarna-warni.

Color Bred Canary termasuk varietas burung kenari yang relatif baru, dikembangkan mulai pertengahan-1900. Hari ini ada beberapa ratus versi burung Color Bred Canary.



Welcome to My Blog

INFO MENARIK

Followers

Info Menarik Buat Anda!

Ternak Burung Kenary-081382838987 (Om Silo). Diberdayakan oleh Blogger.

Pageview

Cio Cio Wer weerKewer

Search Artikel

Memuat...

Info Menarik Untuk Anda

MERDEKA

- Copyright © 2013 Perawatan Burung Kenari -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -