Rabu, 21 Maret 2012

Salah satu hal yang harus dipersiapkan dalam memulai penangkaran burung kenari adalah mengenai materi Indukan, beberapa aspek harus menjadi pertimbangan agar keturunan yang dihasilkan dapat optimal, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Mengawali langkah beternak burung kenari tidak harus dengan rasa emosional atau terburu-buru. Dengan kata lain bahwa mengembangkan kenari juga perlu melibatkan aspek si penangkar itu sendiri yang meliputi keuletan, kesabaran dan ketelitian. Berikut terdapat beberapa penjelasan umum mengenai materi yang akan disiapkan:

Kuantitas : merupakan aspek yang mendukung produktivitas dan jumlah. Hal ini juga dirasa penting dimana jumlah materi akan lebih bagus jika dirasa seimbang, misalnya saja menggunakan metode monogami ataupun poligami dengan perbandingan indukan jantan dan betina yang tidak terlalu drastis. Logikanya jika kondisi ternakan berjalan dengan lancar maka jika materi indukan semakin banyak maka akan menghasilkan produktivitas yang banyak juga. Menimba pengalaman dari para peternak kenari, banyak sekali metode pasangan kenari yang mereka terapkan. Ada yang satu betina dikawinkan secara bergantian dengan beberapa pejantan. Ada yang memasangkan sepasang kenari satu betina dengan satu jantan secara abadi.

PhotobucketKualitas: ini berarti sifat-sifat baik yang melekat pada burung yang akan ditangkarkan. Asumsi kualitas selama ini meliputi lagu, volume suara, karakter, postur dan sebagai tambahan fakultatifnya adalah warna. Tentu saja semua penangkar ingin membudidayakan kenari berkualitas yang dapat bersaing di lapangan, ataupun semata-mata untuk menghasilkan kualitas postur tubuh atau keindahan bulunya.

Perpaduan kualitas dan kuantitas akan menghasilkan produk yang sangat baik. Materi indukan merupakan materi yang butuh disiapkan sesuai dengan tujuan si peternak, terlepas dari itu maka jenis sering menjadi tolak ukur dalam hal yang menjadi pertimbangan. Yang terpenting adalah kualitas itu sendiri tidak peduli apa pun jenisnya karena asumsi bahwa jenis si A lebih baik dari jenis si B membutuhkan telaah yang mendalam guna membuktikannya.

Jika ingin memilih indukan kenari maka langkah awal yang paling umum adalah:
• Kenari indukan haruslah sehat atau tidak membawa suatu penyakit tertentu, hal sederhana yang saya lakukan untuk melihat kesehatan kenari adalah kelincahannya dan kebersihan tubuhnya terutama di bagian dubur.
• Memiliki umur yang selayaknya dalam masa produktif (dimulai kisaran umur 6-7 bulan)
• Pastikan bahwa tidak cacat, misalnya saja hal yang sering dijumpai adalah kebutaaan, kaki pincang. Kebetulan indukan pertama yang saya tangkarkan adalah kenari jenis jambul, pastikan bahwa bulu jambulnya tertata dengan teratur, bagus dan tidak berantakan.
• Secara umum kenari haruslah terlihat segar, lincah, tidak lesu, nafsu makan baik serta kondisi bulu yang cerah.

Menghasilkan kenari idaman membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan tentu saja pengalaman, maka dari itu perlu kesabaran serta keuletan dalam mencari indukan yang berkalitas.

Welcome to My Blog

INFO MENARIK

Followers

Info Menarik Buat Anda!

Ternak Burung Kenary-081382838987 (Om Silo). Diberdayakan oleh Blogger.

Pageview

Cio Cio Wer weerKewer

Search Artikel

Memuat...

Info Menarik Untuk Anda

MERDEKA

- Copyright © 2013 Perawatan Burung Kenari -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -